Home / ARTIKEL POPULER / ANCAMAN TEKNOLOGI MODERN
Seminar Nasional Abu Umair

ANCAMAN TEKNOLOGI MODERN

Seiring pertumbuhan dan perkembangan teknologi yang begitu pesat dalam lingkungan masyarakat, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi, mengirim data, dan membangun relasi melalui media social serta kemudahan dalam berbagai pekerjaan dan lain lain. Dengan keberadaan teknologi ini, terasa sangat memanjakan kita dengan tawaran-tawaran menarik yang merasa sangat bergantung pada teknologi, sehingga keseharian kita hanya berhadapan dengan teknologi dan berinteraksi dengan teknologi tanpa mempedulikan sekeliling dan sekitar kita. Lingkungan social yang mencermikan bahwa kita adalah makluk social, diwujudnyatakan dan dibangun hanya melalui teknologi, seperti penggunaan media social facebook, twiter, instagram dan lain lain, bahkan ada yang sampai tidak mengenal tetangga dan orang orang disekelilingnya. Ini adalah salah satu kemunduran dalam kehidupan bermasyarakat yang menjadi perhatian serius demi mewujudkan masyarakat yang toleran dan peduli satu sama lain dalam bermasyarakat.

Di zaman canggih seperti sekarang ini, kehidupan remaja tentu tidak sama seperti kehidupan remaja zaman dahulu. Saat ini banyak fasilitas atau hal hal tertentu yang membuat para remaja merasa dimudahkan dan nyaman, namun tidak sedikit pula yang merugikan kehidupan mereka. Adanya teknologi modern seperti internet, ponsel, televise atau fasilitas game, bisa berdampak dua macam bagi kehidupan remaja yaitu positif dan negative. 

Beberapa pengaruh teknologi terhadap kehidupan remaja dalam hal yang positif ialah membantu dalam pendidikan. Sebagai contoh internet, memiliki pengaruh yang positif bagi perkembangan pendidikan remaja. Internet bisa menampilkan berbagai informasi pendidikan yang dibutuhkan oleh remaja sekolah saat ini. Apalagi saat ini hampir setiap pelaksanaan ujian mengunakan komputer, sedikit banyak akan mempengaruhi kinerja siswa ketika tidak melek (melihat) ataupun tidak mengetahui tentang perkembangan teknologi. Sebagai contoh lainnya adalah HP, karena bisa membantu remaja berkomunikasi lebih mudah tentang pelajaran dengan teman atau bahkan para guru.

Selain dampak positif, teknologi juga memberikan banyak dampak negative. Adanya teknologi hiburan seperti televisi, perlengkapan game, atau internet, bisa membuat remaja lupa waktu untuk mengerjakan hal hal yang bermanfaat, misalnya belajar atau beribadah. Anak remaja adalah anak yang mudah terpengaruh, ketika ia menyerap suatu informasi, ia mungkin akan menerapkannya. Misalnya, banyaknya situs porno di internet, hal ini tentu saja buruk bagi para remaja. Acara- acara televisi yang kadang tak layak ditonton para remaja, misalnya kekerasan, berita kriminal, acara gosip dan lain lain. Teknologi memang bisa memperluas sosialisasi, namun bila tidak digunakan dengan benar, akibatnya malah sebaliknya. Tidak sedikit remaja yang lebih suka mengurung diri di kamar atau menyendiri hanya untuk menikmati suatu teknologi, misalnya internet, ponsel, atau play station yang sangat digemari saat ini.

Remaja sebagai generasi penerus yang menjadi harapan bangsa, harus bisa menyikapi dengan baik perkembanan teknologi sebagai wujud dari globalisasi yang dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian dan mentalitas remaja dalam kehidupan mereka, khusus dalam pergaulan mereka yang syarat akan banyaknya dampak negative dari penyalagunaan teknologi tersebut. Seperti yang kita lihat sebelumnya dari dampak negative penggunaan teknologi. Ini memberikan efek psikologi yang besar, dan berpengaruh terhadap prilaku, sikap dan terutama dalam belajar. Tawaran dan layanan dari kecanggihan teknologi yang dari waktu kewaktu semakin menarik dan semakin canggih, akan membuat remaja menjadi lupa diri dan semakin berkeinginan terus untuk menggunakannya. 

Oleh karna itu pentingnya peran oran tua dalam mengawasi dan mambatasi anak dalam menggunakan teknologi adalah hal yang krusial bagi perkembangan kepribadian anak. Orang tua menyediakan berbagai fasilitas kepada anak dengan maksud agar anak dapat mengikuti perkembangan teknologi terutama dalam belajar mereka. Maka dari itu fungsi pengawasan dalam penggunaan teknologi oleh orang tua, harus dilakukan agar sesuai dengan maksud dan tujuan sehingga tidak menyimpang dari hal tersebut. Jika tidak, maka anak akan menyalahgunakannya karna rasa ingin tahunya yang tinggi dan menganggap bahwa pemberian orang tua akan menjadi haknya dan ia bebas menggunakannya sesuka hati. Oleh karna itu tidak bisa kita pungkiri lagi akan pentingnya peran orang tua dalam menuntun dan mengawasi anak, sehingga sikap dan prilaku anak yang adalah remaja bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan demi kemajuan bangsa secara umum.

 

Oleh: Ustdz. Abu Umair, BA., M. Pd.

Latar belakang penulis, Klik.

About abuumair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

MENGENAL SEBELUM MENIKAH

Saling mengenal satu dengan yang lain adalah perkara urgen ...