Home / PENDIDIKAN / NILAI AKHLAQ atau AKADEMIK ?

NILAI AKHLAQ atau AKADEMIK ?

Jika menyikapi kondisi pendidikan saat ini, butuh kacamata jernih untuk menganalisa dengan baik. Campur baurnya pendidikan kita dengan pendidikan barat sudah tidak bisa kita hindari lagi. Pesatnya teknologi juga akan memiliki pergaruh yang siknifikan dalam persegeseran dan perubahan pendidikan. Khususnya dalam diri dan kepribadian, akhlaq sebagai kasta tertinggi dalam pentransferan ilmu, bukan hanya sekedar pemahaman yang dibutuhkan tapi juga amal sholeh dalam lisan dan perbuatan.

Orangtua juga salah dalam menanamkan nilai proses pembelajaran, dalam benak orangtua nilai akademik dianggap lebih unggul dan tinggi daripada nilai akhlq. Inilah, yang membuat kemudian orangtua lalai orentasi utama yang akan menjadi kebanggaan untuk masa tua, yakni akhlaq dan budi perkerti yang tinggi.

Merosotnya nilai Akhlaq tidak lepas dari peran lembaga dalam mendidik, visi misi bagian dari terwujudnya akhlaq. Ketika visi misi itu menproyekkan untuk perbaikan akhlaq makan akan menjadi indah pendidikan tersebut, karena akan mengeluarkan output yang militan dan berkepribadian yang baik.

Memilihkan sekolah adalah bagian dalam mewujudkan tercetaknya akhlaq yang baik. Dan biasa pendidikan yang menekankan dan mengedepanya nilai akhlaq ada dalam pesantren, yang pastinya nilai Agama lebih dominan daripada umum.

 

Bersambung…

Oleh: Abu Umair, BA.

About abuumair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ORANG TUA BAGI ANAKNYA

Di antara kiat agar anak-anak kita menjadi anak yang ...